Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Ancam Serang Korea Selatan

Kompas.com - 19/10/2012, 14:39 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara mengancam akan menyerang Korea Selatan pekan depan jika selebaran anti-Pyongyang dijatuhkan di wilayahnya pada Senin pekan depan.

Sebelumnya, sejumlah pelarian dari Korea Utara yang kini tinggal di Selatan berencana mengirimkan balon udara berisi selebaran.

Dalam balon itu sudah disiapkan sebanyak 20.000 lembar selebaran yang isinya adalah kritikan terhadap pemerintah Pyongyang.

Rencana penerbangan balon ini dilakukan di kota wisata, Paju, yang berjarak 60 km sebelah utara ibu kota, Seoul.

"Jika selebaran itu sampai dijatuhkan maka kami akan melakukan serangan mematikan tanpa peringatan terlebih dulu," demikian pernyataan pemerintah yang dikutip kantor berita KCNA.

Mendengar ancaman ini, Pemerintah Korea Selatan langsung menyampaikan pernyataan balasan.

"Jika itu (serangan) terjadi, kami akan membalas ke arah tembakan itu berasal," kata Menteri Pertahanan Korea Selatan, Kim Kwan-jin.

"Kami tak pernah meremehkan ancaman dari Korea Utara," kata Ketua Fighters For a Free North Korea, Park Sang-hak.

Pada Rabu (17/10/2012), Korea Selatan menggelar latihan militer berskala besar untuk menghadapi ancaman serbuan Korea Utara.

Latihan bersandi Hoguk itu digelar sepekan penuh dan melibatkan 240.000 anggota angkatan darat, angkatan laut, dan angkatan udara, serta korps marinir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com