Minggu, 26 Oktober 2014

News / Internasional

Anjing Pahlawan dari Filipina Dirawat di AS

Senin, 15 Oktober 2012 | 14:46 WIB

MANILA, KOMPAS.com — Seekor anjing yang dijuluki pahlawan di Filipina karena kehilangan moncongnya dalam sebuah kecelakaan sepeda motor demi menyelamatkan dua orang gadis dibawa ke AS untuk menjalani pengobatan.

Kabang, nama anjing itu, melompat ke jalur sepeda motor yang sedang ngebut saat sepeda motor itu nyaris menabrak dua gadis muda yang menyeberang jalan di Provinsi Zamboanga di Filipina selatan, Desember tahun lalu, lapor media lokal.

Kabang, seekor anjing campuran yang menyerupai seekor anjing gembala German, tersangkut kepalanya di roda depan sepeda motor itu pada kecelakaan tersebut. Moncong dan rahang atas anjing itu robek.

"Anjing itu telah menyelamatkan nyawa dua anak. Jadi, sekarang anjing itu membutuhkan bantuan kami. Sekarang giliran kami untuk menyelamatkan hidupnya," kata dokter hewan Anton Lim.

Seorang perawat dari New York memulai sebuah kampanye di internet. Kampanye itu berhasil mengumpulkan sekitar 20.000 dollar AS bagi operasi rekonstruktif moncong Kabang.

Setelah upacara pengiriman yang mencakup iring-iringan 300 ekor anjing, tim dokter hewan Filipina membawa Kabang ke AS pada awal pekan ini. Para ahli bedah di University of California Davis Veterinary Teaching Hospital di AS memeriksa anjing itu menjelang prosedur yang disebut bedah rekonstruksi rahang.

Akan ada dua kali operasi. Operasi pertama akan memperbaiki daerah gigi dan operasi kedua akan memperbaiki luka di wajah Kabang. Para dokter tidak punya rencana untuk membuat moncong prostetik atau mengganti rahang anjing itu, kata pihak rumah sakit. Kabang diperkirakan berada di UC Davis selama enam minggu.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: