Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persahabatan Unik Kapibara dan Kera

Kompas.com - 11/10/2012, 10:22 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com — Persahabatan unik dua jenis hewan berbeda ini mungkin bisa dijadikan contoh bagi manusia yang gemar berseteru.

Di Taman Safari Beekse Bergen, Belanda, sebuah persabatan unik terjadi antara sekelompok kera kecil dan beberapa ekor kapibara. Kapibara adalah hewan pengerat terbesar di dunia yang banyak hidup di Amerika Selatan.

Nah, di taman safari ini, kedua jenis hewan yang sangat berbeda itu memiliki ikatan persahabatan yang lucu. Para monyet itu kerap menunggangi kapibara untuk bergerak di sekitar taman safari.

Sejumlah momen lucu sempat diabadikan fotografer Belanda, Corey van Loon. Corey mengatakan persabahatan kedua jenis hewan itu tak sebatas urusan tunggang-menunggang saja. Akan tetapi, mereka kerap bersama saat makan, tidur, bermain, dan bahkan para kera sering membantu kapibara mencarikan kutu.

"Para kapibara dan kera itu terlihat sangat menyayangi satu dengan yang lain. Kapibara terlihat tak terganggu saat kera menunggangi mereka. Saya kira mereka saling menyayangi," papar Corey.

"Sangat menyenangkan melihat mereka hidup bersama. Luar biasa sekali melihat hewan yang sangat berbeda bisa hidup berdampingan," lanjut Corey.

Kapibara bisa tumbuh sangat besar dengan berat mencapai 65 kg dan tinggi hingga 1,3 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com