Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Afganistan Dinilai Belum Siap untuk Transisi 2014

Kompas.com - 09/10/2012, 08:05 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Pemerintah Afganistan dinilai 'sama sekali belum siap' untuk mengambil tanggung jawab keamanan setelah pasukan Amerika dan NATO mundur tahun 2014.

Hasil kajian organisasi International Crisis Group (ICG), mengatakan pemerintah di Kabul bisa ambruk, terutama jika putaran pemilu Afganistan berikutnya berlangsung curang. Tahun 2009 dan 2010, negara itu mengalami kemelut dalam pemilu presiden dan parlemen.

Kajian ICG yang diterbitkan Senin mengatakan dalam kondisi saat ini, prospek bagi pemilu yang bersih dan transisi kekuasaan secara mulus sangat kecil. Mereka juga mengatakan keterpaduan secara politik di ibukota diperkirakan menurun sementara bantuan dan investasi asing berkurang menjelang penarikan mundur pasukan tahun 2014.

LSM berbasis di Brussels itu merekomendasi agar PBB menyiapkan rencana darurat guna memastikan keamanan memadai dalam kampanye kepresidenan Afganistan tahun 2014. Mereka juga mendesak para pejabat pemilu dan anggota parlemen Afganistan agar transparan dan menyelesaikan isu-isu pemilihan jauh sebelum tanggal pemilu.

Kepala Polisi Kabul, Jendral Mohammed Ayub Salangi, mengatakan kepada VOA siaran bahasa Pashto bahwa ia menganggap laporan tersebut “sama sekali tak berdasar” dan pasukan keamanan Afganistan akan siap mengambil alih tanggung jawab dari pasukan koalisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com