Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Jepang dan Inggris Raih Nobel Kedokteran

Kompas.com - 08/10/2012, 19:44 WIB
Simon Saragih

Penulis

 

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Dua ilmuwan dari Inggris dan Jepang berbagi Hadiah Nobel Kedokteran 2012 pada hari Senin (8/10/2012). Mereka dihargai atas penemuan sel-sel dewasa (adult cells) yang bisa diprogramkan kembali ke dalam sel-sel cangkokan.

Pemrograman ini akan menghasilkan sejenis "tissue" dan suatu saat mungkin berguna untuk memperbaiki organ-organ yang sudah rusak.

John Gurdon ( 79) dari Gurdon Institute in Cambridge, Inggris dan Shinya Yamanaka (50) dari Kyoto University di Jepang, menemukan cara untuk menciptakan "tissue" yang akan bertindak sebagai sel-sel "embryonic".

"Terobosan itu telah mengubah pandangan kita tentang pengembangan dan spesialisasi sel-sel," kata Majelis Nobel di Karolinska Institute, Stockholm, Swedia.

Temuan mereka akan bermanfaat untuk mengatasi pasien yang menderita penyakit Parkinson. Para ilmuwan sebelumnya beranggapan sel-sel dewasa tidak mungkin dikembalikan atau dipulihkan menjadi lebih muda. Yamanaka dan Gurdon memperlihatkan hal sebaliknya.

"Terima kasih pada dua ilmuwan ini, kita kini tahu bahwa pengembangan tidak hanya lewat satu jalan," kata Thomas Perlmann, anggota Komite Nobel dan profesor di Molecular Development Biology di Karolinska Institute.

Atas temuannya dua ilmuwan ini akan meraih uang 1,2 juta dollar AS. (AFP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com