Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raksasa Telekomunikasi China Dianggap Berbahaya

Kompas.com - 08/10/2012, 10:33 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com — Raksasa telekomunikasi China, seperti Huawei dan ZTE, dianggap berbahaya bagi sistem keamanan di AS. Karena itu, Pemerintah AS harus memblokir dua perusahaan ini agar tidak bisa mendapatkan kontrak bisnis di AS. Dua perusahaan itu juga diminta untuk tidak mengakuisisi perusahaan apa pun di AS.

Demikian kesimpulan Kongres AS setelah melakukan penyelidikan selama setahun, sebagaimana diberitakan kantor berita Agence France Presse. Laporan Kongres AS, yang dibuatkan House Intelligence Committee, menyatakan raksasa telekomunikasi China itu tidak independen dan dianggap sebagai alat Pemerintah China untuk mendukung kegiatan spionase ekonomi dan militer.

Pihak Huawei dan ZTE  membantah punya keterkaitan dengan pemerintah. "Integritas dan independensi  perusahaan demikian juga praktik bisnisnya amat terpercaya dan dihormati di 150 negara," kata Wakil Presiden Huawei William Plummer.

Kongres AS juga menilai raksasa telekomunikasi China berbahaya untuk sektor swasta tertentu yang dianggap sensitif dan rawan pada kegiatan spionase.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com