Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT Ke-67 TNI , Merah Putih Berkibar di Lebanon

Kompas.com - 06/10/2012, 23:37 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ulang tahun (HUT) ke-67 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak hanya meriah di Indonesia, namun juga di negara tempat prajurit TNI bertugas. Salah satunya adalah di Lebanon.

Satgas Kontingen Garuda UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) merayakannya dengan melaksanakan upacara bendera. Berdasarkan siaran pers oleh Pusat Penerangan Mabes TNI, Sabtu (6/10/2012), upacara itu dilakukan di Markas Batalyon Mekanis Konga XXIII/F/UNIFIL UN Posn 7-1, Adshid Al Qusayr, Lebanon Selatan.

Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh satuan tugas prajurit TNI yang tengah menjalankan misi perdamaian di Lebanon. Dalam upacara tersebut, turut dibacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono di depan seluruh peserta upacara.

Panglima TNI menegaskan para para prajurit untuk membulatkan tekad berjuang. Tekad tersebut harus dilandasi profesionalisme, semangat juang dan soliditas TNI.

"Dilandasi profesionalisme, semangat juang dan soliditas TNI, bersama segenap komponen bangsa, kita harus siap menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," tegasnya.

Usai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada 53 personel yang berprestasi dan mendapat apresiasi baik dari UNIFIL. Penghargaan itu diserahkan oleh para Komandan Satgas diawali oleh Komandan Kontingen Kolonel Adm Dharmawan Bhakti, Dansatgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono, dan jajarannya.

Seperti diketahui, Kontingen Garuda di Lebanon telah menginjak bulan ke-11 dari 12 bulan rencana masa penugasan. Selama itu, berbagai penghargaan telah diterima, baik dari UNIFIL maupun pemerintahan Lebanon. Salah satu penghargaan yang diterima adalah dari Kementerian Pertahanan Lebanon yang memberikan medali tanda jasa kehormatan LAF (Lebanese Armed Force) pada seluruh personel Satgas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com