Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencarian Model Mona Lisa Terus Berlangsung

Kompas.com - 03/10/2012, 11:34 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Para peneliti telah membuka sebuah makam kuno di sebuah biara di Florence, Italia, dalam upaya memburu jasad perempuan yang diduga adalah model lukisan ternama, Mona Lisa, karya Leonardo da Vinci.

Sebuah tim beranggotakan para pakar sudah bekerja sejak April lalu di biara Santa Ursula. Mereka yakin, jasad perempuan model Mona Lisa dimakamkan di tempat itu.

Para sejarawan yakin, Mona Lisa asli adalah Lisa Gherardini, istri saudagar kain sutra asal Florence, Francesco del Giocondo.

Meski tak ada bukti kuat, Giocondo diduga yang meminta Da Vinci untuk melukis wajah istrinya itu.

Para pakar yakin, jika mereka bisa menemukan tengkorak perempuan ini, maka mereka bisa merekonstruksi wajahnya dan membandingkannya dengan lukisan yang kini tergantung di Museum Louvre, Paris.

"Jika semua sesuai rencana, kami akan menemukan jasad Gherardini. Lalu, dengan tengkoraknya, kami bisa merekonstruksi wajahnya," kata Silvano Vinceti, Kepala Komite Nasional untuk Promosi Warisan Sejarah dan Budaya Italia.

"Setelah direkonstruksi, maka kami bisa membandingkan wajah aslinya dengan lukisan karya Da Vinci," tambah Vinceti.

"Dengan rekonstruksi wajah yang memiliki marjin kesalahan empat sampai delapan persen ini, kita akan mengetahui apakah Leonardo benar menggunakan Gherardini sebagai model, atau ada kesimpulan lain?" paparnya.

Para ilmuwan yakin Gherardini menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di biara ini, ditemani dua putrinya yang menjadi biarawati. Saat meninggal, Gherardini dimakamkan di biara tersebut.

Para ilmuwan berharap, penelitian ini akan mengungkap informasi penting soal jasad yang dikuburkan dalam biara itu.

"Tahap pertama pekerjaan ini termasuk mengangkat sisa jasad secepat mungkin, dan kami harus mencari informasi soal cara dia dimakamkan," tambah Vinceti.

Gherardini kemungkinan memang model awal Mona Lisa. Namun kemungkinan Da Vinci juga menggunakan wajah asisten mudanya, Gian Giacomo Caprotti, yang diduga adalah kekasih Da Vinci.

Sejauh ini belum diperoleh kepastian kapan proyek penelitian Gherardini itu berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com