Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Juga Berlatih untuk Debat Capres

Kompas.com - 01/10/2012, 12:28 WIB

 

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat calon presiden menghadapi rivalnya dari Partai Republik, Mitt Romney, yang akan digelar di University of Denver, Denver, Rabu (3/10/2012).

Menurut juru bicara tim kampanye Obama, Jen Psaki, Obama tidak memiliki waktu banyak untuk mempersiapkan diri mengingat tugas-tugasnya sebagai Presiden AS yang tidak bisa ditinggalkan, ditambah jadwal kampanye yang cukup padat.

Psaki tidak mengungkap banyak soal persiapan Obama. Menurut CNN, Senator John Kerry, yang pernah maju sebagai capres Partai Demokrat, terlibat dalam persiapan itu. Kerry akan bertindak sebagai Romney dalam latihan debat.

Sebagai bagian persiapan, terang Psaki, tim debat Obama juga menonton berbagai rekaman debat kepresidenan, termasuk debat Romney di masa-masa pemilihan pendahuluan (primary) di Partai Republik. Menurut mereka, Romney sangat terlatih dan piawai dalam ajang setiap debat.

"Romney sudah terlatih dan mampu memberi jawaban pendek. Menurut kami itu sebuah kelebihan," kata Psaki. Di lain pihak, imbuh Psaki, Obama "cenderung memberi jawaban yang panjang."

Siapkan serangan

Sementara itu kubu Romney pun tidak tinggal diam. Harian New York Times melaporkan, Jumat (28/9/2012), tim Romney "membekali sang kandidat dengan serangkaian serangan kejutan yang sudah dihafalkannya dan dilatihnya sejak Agustus."

Strategi kubu Republik itu dilaporkan "termasuk menggiring Presiden Obama untuk tampak puas atau mengelak tentang tanggung jawabnya pada perekonomian".

Tim sukses Obama menanggapi dengan santai persiapan kubu Romney. Presiden, kata Psaki, tidak akan melontarkan "serangan kejutan" terhadap Mitt Romney.

"Itu bukan fokus Presiden Obama. Jadi, jika Anda menunggu hal itu (serangan Obama), itu bukan sesuatu yang akan disampaikan."

"Seperti yang saya bilang, (dalam debat itu) Obama akan berbicara langsung kepada rakyat Amerika dan kami tahu bahwa yang mereka ingin dengar akan rencana Obama membawa negara ini bergerak maju, dan itulah yang kami harapkan akan disampaikan Obama, pada Rabu," papar Psaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com