Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2012, 09:40 WIB

TEHERAN, IRAN — Kantor berita Iran FARS membuat sebuah kesalahan fatal dengan membuat berita dari situs berita satir The Onion. Dalam berita itu disebutkan bahwa warga pedesaan AS lebih memilih Presiden Mahmoud Ahmadinejad ketimbang Barack Obama.

Mengutip 100 persen berita Onion, FARS juga memuat hasil survei yang mengatakan 77 persen warga AS memilih lebih baik pergi minum atau menonton pertandingan baseball bersama Ahmadinejad.

"Saya lebih suka dia (Ahmadinejad)," kata seorang warga Virginia seperti dikutip FARS.

Warga Virginia ini juga mengatakan, Ahmadinejad lebih memikirkan keselamatan negara dan tidak meminta gay untuk menasihatinya tentang cara memimpin negara seperti yang dilakukan Obama.

Sejauh ini FARS belum memublikasikan berita tersebut dalam bahasa Parsi. Selain itu, FARS yang berafiliasi dengan Pasukan Pengawal Revolusi (IGRC) tidak mencantumkan The Onion sebagai sumber berita.

Kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. Pada 2004, Beijing Evening News menayangkan berita The Onion yang mengabarkan bahwa anggota Kongres AS tak mau tinggal di Washington DC kecuali pemerintah membangun gedung Capitol yang baru.

Pada 2009, dua surat kabar Banglades meminta maaf telah menerbitkan berita yang mereka kutip dari The Onion, yang isinya mengatakan bahwa pendaratan di Bulan adalah sebuah penipuan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com