Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada dan AS Gagalkan Penyelundupan Keju

Kompas.com - 28/09/2012, 13:32 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Polisi Kanada dan Amerika Serikat berhasil menggagalkan penyelundupan keju dengan nilai 200.000 dolar Kanada atau hampir Rp 2 miliar.

Sejauh ini empat orang ditahan karena selain menyelundupkan produk-produk susu,  mereka juga coba memasukkan daging ayam, sayap ayam dan acar ke berbagai restoran di kawasan selatan Ontario.

Dengan praktik penyelundupan ini, menurut kepolisian Regional Niagara, para tersanka mengantungi keuntungan sedikitnya sekitar Rp 1,6 miliar.

Para tersangka ini dijerat dengan berbagai pasal termasui konspirasi dan melanggar kepercayaan serta tentu saja kejahatan penyelundupan.

"Banyak orang menganggap kasus ini lucu, namun polisi menganggap kejahatan ini sangat serius," kata petugas polisi Derek Watson seperti dikutip AFP.

Kanada memang serius memang menganggap kasus ini sangat serius hingga harus bekerja sama dengan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS, Badan Pengelola Perbatasan AS-Kanada dan Kepolisian Regional Niagara, Ontario.

Harga keju Kanada memang lebih mahal karena pembatasan produksi oleh pemerintah lokal dan pembatasan impor keju luar negeri yang lebih murah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com