Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Barat Akan Buru Ikan Hiu Putih

Kompas.com - 27/09/2012, 18:46 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

PERTH, KOMPAS.com - Pemerintah negara bagian Australia Barat akan memburu ikan hiu putih, setelah mereka mamakan korban lima orang tewas dalam 10 bulan terakhir.

Menurut laporan situs SBS, pemerintah hari Kamis (27/9/2012) ini mengumumkan akan menyediakan dana paket keseluruhan berjumlah 6,85 juta dollar AS (hampir Rp 65 miliar), guna memburu ikan hiu putih itu, sehingga masyarakat merasa aman pergi ke pantai di musim panas yang tinggal dua bulan lagi.

Dana sekitar 2 juta dollar AS, akan diberikan untuk membentuk tim baru, guna menyusuri, menangkap, dan membunuh ikan hiu yang berenang terlalu dekat ke pantai.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, pemerintah juga mengubah aturan mengenai ketentuan, kapan pembunuhan ikan hiu putih ini bisa dibenarkan.

"Sebelumnya, perintah pembunuhan bisa dilakukan kalau ada serangan terhadap manusia. Sekarang tindakan proaktif akan dilakukan bila kehadiran hiu putih ini menjadi ancaman serius bagi manusia," kata Menteri Perikanan Negara bagian Australia Barat, Norman Moore.

Kail besar akan digunakan untuk menarik minat ikan hiu putih yang dianggap mengancam tersebut.

Menteri Negara bagian Australia Barat, Colin Barnett, mengatakan "tidak akan ada perburuan hiu".

"Lima orang tewas dalam masa 12 bulan terakhir," kataBarnett kepada Radio ABC. "Bila ada yang berenang di pantai, dan diputuskan bahwa ikan hiu putih ini mengancam mereka yang berenang, maka hiu itu akan dikejar, ditangkap dan dibunuh."

"Nyawa manusia dan keselamatan mereka yang berekreasi di pantai, lebih penting dari ikan hiu."

Menteri Barnett mengatakan, tidak akan menggunakan jaring untuk mencegah mendekatnya hiu, karena jaring itu bisa mengancam kehidupan ikan-ikan lainnya. 

Rencananya pemerintah akan menghabiskan dana 2 juta dolar AS, untuk program mengikuti jejak hiu, termasuk penggunaan GPS, dan 2 juta dolar lagi guna penelitian dalam masa empat tahun.

Korban tewas paling akhir terjadi bulan Juli lalu, ketika Ben Linden, seorang pemuda berusia 24 tahun, diserang oleh ikan hiu putih sepanjang lima meter, 160 ilometer utara kota Perth.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com