Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konglomerat Media Rusia Terancam 5 Tahun Penjara

Kompas.com - 27/09/2012, 10:20 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Pengadilan Rusia menuduh konglomerat media dan pengkritik utama Kremlin, Alexander Lebedev, atas tuduhan melakukan perusakan dan kekerasan, setelah dia meninju seorang tamu dalam sebuah acara pertunjukan televisi tahun lalu.

Lebedev yang juga pemilik harian Independent dan Evening Standard yang terbit di Inggris, serta pemilik harian Novaya Gazeta di Rusia yang sangat keras mengkritik pemerintahan di Kremlin, kemungkinan menghadapi ancaman hukuman lima tahun penjara.

Sebagaimana dilaporkan kantor berita AFP, Kamis (27/9/2012) WIB, Lebedev yang mantan agen rahasia pada era Uni Soviet, KGB, menilai tuduhan ini berbau politik. Konglomerat berusia 52 tahun yang bulan lalu melontarkan niatnya mengurangi kegiatan bisnisnya di Rusia ini menilai tuduhan tersebut berkaitan dengan sikap kerasnya mengkritik Pemerintah Rusia di Kremlin.

"Alexander Lebedev dikenakan tuduhan melakukan penyerangan dan perusakan," ujar Komite Penuntut dalam pernyataannya berkaitan dengan Lebedev sebagai anggota parlemen dalam dewan kota.

Lebedev dituduh melakukan penyerangan yang menyebabkan cedera pada Sergei Polonsky, saat dia ambil bagian dalam pertunjukan NTVshniki yang disiarkan pada 16 September 2011.

Namun, bagi Lebedev, tuduhan ini sangat politis berkaitan sikap kritisnya kepada penguasa Rusia di Kremlin. Lebedev merupakan pemilik Novaya Gazeta yang juga dimiliki bersama dengan mantan Presiden Soviet Mikhail Gorbachev.

Dia sering memuat artikel yang mengecam kebijakan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Kremlin pada umumnya. Jika terbukti melakukan perusakan akan menghadapi kemungkinan hukuman lima tahun penjara. Untuk penyerangan kepada pihak lain diancam hukuman dua tahun penjara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com