Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Iran, Netanyahu Dianggap Hanya Menggertak

Kompas.com - 26/09/2012, 08:45 WIB
Simon Saragih

Penulis

JERUSALEM, KOMPAS.com — Warga Israel menganggap desakan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu agar situs nuklir Iran diserang hanya sebuah gertakan. Warga Israel juga tidak berharap akan ada perang segera dengan Iran serta yakin persiapan untuk itu sama sekali tidak dilakukan.

Demikian ditulis di situs Christian Science Monitor edisi Selasa (25/9/2012). Namun, warga Israel mengakui bahwa Iran adalah rezim berbahaya bagi mereka.

Meski demikian, untuk sekarang ini warga Israel tidak yakin ada perang. Mereka menilai pernyataan Netanyahu hanya bertujuan menekan AS agar melakukan serangan ke Iran demi kepentingan Israel.

Bahkan, jika Netanyahu serius dengan serangan yang dilakukan sendirian, warga Israel juga amat yakin mereka bisa mempertahankan diri. "Kami sudah lama mengikuti isu Iran... warga Israel tidak risau soal itu karena mereka tidak yakin serangan segera terjadi," demikian pakar jajak pendapat Israel, Tamar Hermann, yang turut mengedit buletin jajak pendapat bulanan bernama Peace Index.

"Warga Israel menyimpulkan isu ini adalah permainan Netanyahu untuk meraih keberuntungan atau posisi kuat di panggung internasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com