Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Longsor di Himalaya, 11 Tewas

Kompas.com - 25/09/2012, 04:03 WIB

Kathmandu, Senin - Helikopter-helikopter penyelamat Nepal hingga Senin (24/9) masih mencari sedikitnya tiga pendaki gunung yang hilang tertimpa salju longsor di Pegunungan Himalaya. Longsor yang terjadi akhir pekan lalu itu menyapu kamp-kamp pendaki dan menewaskan sebelas orang.

Tujuh pendaki Perancis termasuk dalam 11 korban tewas tersebut. Longsoran salju menyapu kamp mereka di Gunung Manaslu (8.163 meter di atas permukaan laut), gunung tertinggi nomor delapan di dunia. Dua pendaki Jerman, satu pendaki Spanyol, dan satu pendaki Nepal juga tewas.

Dolraj Dhakal, pejabat pemerintah daerah setempat, mengatakan, salju longsor itu terjadi sekitar pukul 04.00 hari Minggu saat lebih dari 20 pendaki masih tidur di tenda mereka. Ia mengatakan, tak seorang pun menyadari salju longsor dan mereka tidak bisa menyebutkan ukuran longsor itu.

”Semua tampak hancur di tempat (kamp), kami tak bisa melihat tenda atau barang milik pendaki,” kata Nima Nuru Sherpa, operator wisata yang menyiapkan ekspedisi pendakian ini untuk para pendaki Perancis. Menurut dia, jenazah para korban diterbangkan ke Kathmandu, ibu kota Nepal, Senin.

Tiga pendaki yang masih hilang terdiri dari dua warga Perancis dan satu warga Kanada. Pendaki Kanada itu telah diidentifikasikan oleh saudara perempuannya sebagai seorang dokter bernama Dominique Ouimet dari Provinsi Quebec. Sementara dua warga Perancis yang hilang adalah seorang pemandu pendakian gunung dari Chamonix dan seorang pendaki amatir.

Meninggal di RS

Hari Minggu, helikopter membawa lima korban selamat ke Kathmandu. Namun, salah satu korban dari Jerman meninggal ketika sedang dirawat di rumah sakit.

Hari Senin, lima korban selamat lainnya diterbangkan kembali dari base camp pegunungan itu ke Kathmandu. Dua orang di antara mereka, yang berasal dari Italia, bisa berjalan sendiri dari helikopter, tetapi menolak berbicara kepada wartawan. Enam jenazah diterbangkan dengan helikopter lain dan dibawa ke sebuah rumah sakit.

Delapan pendaki lainnya yang tidak cedera masih tinggal di base camp mereka di Distrik Gorkha di Nepal barat daya. Beberapa dari mereka mungkin akan meneruskan pendakian, menurut polisi.

Tim Italia, Jerman, dan Perancis berada di gunung itu dengan jumlah total 231 pendaki dan pemandu. Namun, tidak semua berada di kamp yang terkena longsor.

Nepal mempunyai delapan dari 14 puncak tertinggi di dunia.

(Reuters/AP/AFP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com