Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Longsor di Himalaya, 9 Pendaki Tewas

Kompas.com - 24/09/2012, 08:23 WIB

KATHMANDU, KOMPAS.com — Sembilan orang pendaki tewas setelah longsor menimpa mereka saat mencoba menaklukkan puncak Gunung Manaslu setinggi 8.156 meter di atas permukaan laut, di Nepal, Minggu (23/9/2012) dini hari WIB.

Sekitar 25 pendaki berada di dekat puncak gunung ketika mereka dihantam longsoran salju dalam tragedi terburuk dalam sejarah pendakian Himalaya beberapa tahun terakhir.

"Sebagian besar korban meninggal dunia adalah warga negara Perancis." kata Wakil Presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, Ang Tshering Sherpa, melalui telepon satelit.

"Satu korban adalah warga Spanyol, satu Italia, satu orang Sherpa asal Nepal, dan satu warga Jerman," sambung Tshering Sherpa.

Tiga orang pendaki diduga masih hilang saat operasi penyelamatan dihentikan pada malam hari.

"Sejauh ini 13 orang berhasil diselamatkan dan lima di antaranya diterbangkan ke Kathmandu untuk perawatan lebih baik," ujar Wakil Kepala Polisi setempat, Basanta Bahadur Kunwar.

Sementara itu, Persatuan Pemandu Gunung Nasional Perancis (SNGM) menyatakan, empat pendaki Perancis meninggal dunia dan tiga lainnya masih hilang.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, terdapat tujuh pendaki Perancis yang menjadi korban. Empat korban tewas sudah diidentifikasi lewat foto dan tiga lainnya masih hilang. Dua lainnya cedera dan sudah dievakuasi ke Kathmandu," kata Wakil Presiden SGNM Christian Trommsdorff.

Tromsdorff menambahkan, ketiga pendaki gunung Perancis itu berasal dari kawasan Chamonix di Pegunungan Alpen dan empat lainnya adalah klien yang mereka pandu.

"Salju longsor ini terjadi di ketinggian 7.400 meter dan menyeret sebagian perkemahan hingga ketinggian 6.800 meter," papar Tromsdorff.

Manaslu adalah puncak tertinggi kedelapan dunia dan dianggap sebagai salah satu gunung paling berbahaya. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah pendaki tewas dan hanya beberapa ratus orang yang berhasil mencapai puncak.

Nepal memiliki delapan dari 14 puncak gunung tertinggi yang memiliki ketinggian di atas 8.000 meter, termasuk di antaranya puncak Everest yang menarik ribuan pendaki setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com