Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Hadiri Sidang Umum PBB

Kompas.com - 22/09/2012, 01:53 WIB

Jakarta, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Ani Yudhoyono akan melawat ke New York, Amerika Serikat, Sabtu (22/9). Presiden akan menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Panel Tingkat Tinggi pada Agenda Pembangunan Pasca-2015 (High Level Panel on the Post-2015 Development Agenda).

Dalam lawatannya selama lebih kurang sepekan tersebut, Presiden juga membawa agenda ekonomi untuk menarik minat investor luar melalui ajang Indonesia Investment Day (IID).

Kehadiran Presiden dalam Pembukaan Sidang Ke-67 Majelis Umum PBB pada 25 September 2012, menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, dinilai penting karena sidang itu dihadiri para pemimpin negara dunia. Presiden dijadwalkan menjadi salah satu pembicara pada sesi debat umum di sana.

Seusai mengikuti Sidang Majelis Umum PBB, pada hari yang sama Presiden langsung menghadiri High Level Panel on the Post-2015 Development Agenda (HLP). Bahkan, dalam forum tersebut, Presiden Yudhoyono juga akan memimpin pertemuan tersebut bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Presiden Liberia Ellen Johnson-Sirleaf.

”Agenda dalam pertemuan tersebut akan menjadi cetak biru bagi pembangunan global pasca-2015 untuk menangani isu-isu pembangunan dalam konteks pengentasan warga miskin, penciptaan pertumbuhan, dan pelestarian lingkungan hidup,” kata Teuku, Jumat (21/9) di Jakarta.

Kegiatan IID dilakukan sebelum Presiden mengikuti Pembukaan Sidang Majelis Umum PBB dan pertemuan HLP. IID berlangsung di New York Stock Exchange, Senin (24/9).

Dalam forum tersebut, Presiden akan berpidato tentang kebangkitan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi baru Asia. Presiden juga akan menerima sejumlah pelaku bisnis utama Amerika Serikat, antara lain CEO IBM, CEO Honeywell, CEO Cargill, dan CEO Millennium Challenge Corporation.

Presiden Yudhoyono juga akan menerima dua penghargaan. Pertama, penghargaan Valuing Nature Awards for Leadership in the Coral Triangle Initiative yang diberikan The Nature Conservancy, WRI, dan WWF. Kedua, penghargaan USABC 21st Century Economic Achievement yang diberikan US-ASEAN Business Council. Penghargaan tersebut akan diberikan dalam kegiatan yang bertemakan ”Indonesia: Towards Environmental and Economic Sustainability”.

”Kedua penghargaan tersebut disampaikan sebagai bentuk apresiasi atas berbagai kemajuan ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Yudhoyono dan atas komitmen Indonesia dalam melestarikan lingkungan,” kata Teuku.

Teuku mengatakan, Presiden Yudhoyono juga berkesempatan mengikuti peluncuran Journal Strategic Review. Dalam peluncuran itu, Presiden akan menyampaikan pidato kunci dan menerima medali dari Foreign Policy Association. Medali itu diberikan sebagai pengakuan dan penghargaan atas peran dan kepemimpinan Presiden dalam memajukan perdamaian dan pembangunan dunia.

Presiden beserta rombongan direncanakan kembali ke Tanah Air pada Minggu (30/9). (why)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com