Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peneliti Rumus Bentuk Kuncir Rambut Dapat Penghargaan

Kompas.com - 21/09/2012, 21:13 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

MASSACHUSETS, KOMPAS.com - Tim peneliti dari Amerika Serikat dan Inggris yang menemukan rumus bentuk kuncir rambut mendapatkan penghargaan Ig Nobel. Riset itu memenangkan penghargaan pada bidang fisika.

Ig Nobel adalah penghargaan sains pada penelitian yang lebih "membumi" dan sekilas terkesan konyol. Penghargaan diberikan pada berbagai bidang meliputi neurosains, kimia, anatomi, kedokteran dan sastra.

Walau terdengar konyol, penelitian para ilmuwan yang mendapatkan penghargaan ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan dipublikasikan pula di jurnal ilmiah internasional.

Selain penemuan rumus bentuk kuncir, penelitian yang mendapatkan penghargaan adalah riset bahwa simpanse dapat mengenali satu sama lain dengan hanya melihat bagian belakang dan riset mengapa kopi tumpah saat gelas digerakkan.

Patrick Warren, peneliti dari Unilever, merasa bangga saat menerima penghargaan ini. "Saya gembira bahwa kegiatan riset kecil ini mendapatkan perhatian yang begitu besar," katanya.

"Bidang saya, fisika statistik, bukanlah sesuatu yang banyak didengar, jadi saya sangat bangga bahwa kami melakukan sesuatu yang dapat diterima orang lain," katanya seperti dikutip BBC, Jumnat (21/9/2012).

Rumus yang ditemukan Warren dan rekannya disebut "Persamaan Bentuk Kuncir Rambut". Menurut persamaan itu, bentuk kuncir rambut ditentukan oleh serat rambut, kekakuan, efek gravitasi, tingkat kekeritingan rambut.

Warren mengaku, penelitian sudah berlangsung lama. Di perusahaannya, urusan rambut menjadi sangat penting sebab Unilever memproduksi banyak produk perawatan rambut. Namun demikian, riset ini bisa punya implikasi luas.

"Saya juga berpikir bahwa kita bisa berkontribusi dalam bidang yang lebih luas yaitu animasi. Rambut misalnya, adalah suatu objek yang sulit dibuat natural dalam animasi komputer," katanya.

Ig Nobel diselenggarakan Kamis (20/9/2012) di Harvard's Sanders Theatre. Penghargaan ini diberikan untuk yang ke 22 kalinya. Penghargaan ini diprakarsai oleh majalah humor sains, Annals of Improbable Research.

Penghargaan selalu dihadiri dan diserahkan oleh penerima nobel sederhana. Penerima penghargaan diberi waktu 60 detik untuk mengucapkan sepatah dua patah kata setelah menerima penghargaan. Jika lebih, seorang gadis utusan akan berteriak "membosankan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com