Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres China Sambut Kunjungan Menhan AS

Kompas.com - 19/09/2012, 16:57 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Wakil presiden China, Xi Jinping, yang diperkirakan akan naik jabatan menjadi persiden dalam beberapa bulan ini namun menghilang selama dua pekan tanpa diketahui rimbanya, muncul kembali ke depan publik saat menyambut kedatangan Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta yang berkunjung ke neger itu.

Wapres Xi sebelumnya menjadi sumber pemberitaan karena menghilang ditengah agenda yang sibuk, termasuk menemui sejumlah pejabat negara penting dunia seperti Menlu AS Hillary Clinton, tanpa alasan jelas.

Pertemuan dengan Panetta bertujuan untuk mendukung kampanye AS guna mencari basis dukungan militer lebih luas di kawasan Asia.

Xi berdiri menyambut rombongan AS di ruang mewah Balai Rakyat dan mengguncang kuat tangan Panetta saat bersalaman.

kepada Menhan AS itu, Wapres Xi mengatakan kunjungan ini "akan sangat membantu hubungan dua negara serta hubungan militernya."

Panetta menyatakan pada Xi bahwa dua raksasa di kawasan Pasifik ini punya banyak kepentingan bersama dan dia yakin mampu memperbaiki dialog dua negara, tulis kantor berita AP.

Kedatangan panetta juga menandai titik kritis dalam hubungan China-Jepang akibat sengketa Pulau Senkaku atau Diaoyu, yang diperebutkan dua negara.

Sejak awal China telah meminta agar AS berada pada posisi netral untuk isu ini.

Rumor dan isu

Saat Wapres Xi mendadak absen dari sejumlah agenda resmi pemerintahan dua pekan lalu, beragam isu bermunculan.

Protokol resmi sangat penting di China sehingga ketika dirinya menghilang, kemudian muncul rumor yang menyebut Wapres Xi kemungkinan sakit dari sekedar cedera punggung sampai penyakit mematikan.

'Raibnya' tokoh penting ini yang tidak dilengkapi dengan penjelasan resmi tentang sebab-musababnya, ditambah lagi tanggal kongres besar Partai Komunis yang tak kunjung ditetapkan juga menyulut munculnya spekulasi tentang sedang berlangsungnya perebutan kekuasaan dalam tubuh penguasa pemerintahan China itu.

Analis menduga sembilan kursi anggota Komisi Penggerak Politbiro partai yang sangat berpengaruh, juga belum diisi.

Di sisi lain muncul pula dugaan dari sembilan kursi untuk pejabat tinggi partai itu nantinya akan dikurangi hingga tinggal tujuh.

Apapun yang dibicarakan di belakangnya, Wapres Xi kemudian muncul kembali Sabtu (15/9) lalu, sebagimana dipublikasikan melalui foto-foto yang dimuat dalam koran milik negara sedang menghadiri sebuah kegiatan. Tak ada penjelasan secuil pun tentang absennya dari berbagai kegiatan sebelumnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com