Senin, 21 April 2014

News / Internasional

Kini Anda Bisa Lacak Setiap Pesawat di Udara

Rabu, 19 September 2012 | 13:43 WIB

Baca juga

LONDON, KOMPAS.com — Pada saat tertentu ada sekitar 5.000 pesawat komersial di langit di atas Amerika Serikat. Kini ada sebuah situs web, Flightradar24, yang memungkinkan Anda untuk melacak pesawat-pesawat itu secara real time dalam sebuah peta.

Flightradar24 memungkinkan orang untuk melacak penerbangan-penerbangan di seluruh dunia, baik pesawat komersial, jet pribadi, maupun pesawat terbang militer.

Peta penerbangan situs web itu diperbarui setiap beberapa detik. Dengan menggunakan peta itu, Anda dapat melacak sebuah penerbangan tertentu, menandai rutenya, bandara tempat keberangkatannya, dan di mana pesawat itu seharusnya mendarat. Anda bahkan dapat mengetahui ketinggian dan kecepatannya.

Informasi di situs itu dapat dikelompokkan berdasarkan bandara untuk melihat penerbangan mana yang akan meninggalkan bandara dan pesawat mana yang diperkirakan akan mendarat di suatu bandara tertentu dalam dua jam ke depan, lapor Mail Online, Selasa (18/9/2012).

Data situs itu mencakup spesifikasi masing-masing pesawat (tipe model, nomor seri, dan afiliasi maskapai penerbangan) dan melacak penerbangan-penerbangan paling akhir. Atau, Anda dapat mempersempit pilihan berdasarkan maskapai penerbangan dan mencari tahu pesawat mana yang sedang beroperasi.

Flightradar24 menarik data dari Federal Aviation Administration di Amerika Serikat dan sistem automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B) di negara-negara lain. Sekitar 60 persen pesawat yang mengangkut penumpang dilengkapi ADS-B, jadi peta itu tidak menunjukkan semua penerbangan yang ada. Meski begitu, peta yang ada menunjukkan sekelompok pesawat menyemut di atas Amerika Serikat dan Eropa.

Saat ini cakupan terbaik situs itu adalah di seluruh Amerika Serikat dan Eropa, sementara Amerika Selatan, Afrika, Asia, dan Australia masih tertinggal. Itu karena situs itu bergantung pada sekitar 500 pemancar ADS-B di darat untuk menerima data pesawat, lapor Smithsonian.com, seperti dikutip Mail Online.

Pada kenyataannya, siapa saja yang punya sebuah pemancar ADS-B diajak untuk terlibat, dan Anda dapat membeli receiver Anda sendiri untuk daerah mana pun dengan harga mulai dari 350 dollar AS sampai beberapa ribu dollar.

Situs itu juga menawarkan sebuah aplikasi tambahan ke iPhone. Jika sebuah pesawat melintas di atas kepala Anda dan Anda ingin tahu dari mana pesawat itu datang dan ke mana tujuannya? Anda tinggal mengarahkan iPhone Anda e  pesawat itu dan dalam beberapa detik aplikasi itu akan menyediakan semua rinciannya untuk Anda.


Editor : Egidius Patnistik