Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendeta Terry Jones Dilarang Masuki Jerman

Kompas.com - 18/09/2012, 12:31 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel menegaskan pemerintah akan melarang Terry Jones seorang pendeta kontroversial dari Amerika Serikat memasuki negeri itu.

Pendeta Terry Jones diundang untuk menghadiri pertemuan organisasi-organisasi sayap kanan Jerman.

Namun Angela Merkel telah menegaskan pemerintah Jerman tidak akan mengeluarkan visa kepada pendeta yang namanya mencuat antara lain karena mengancam akan membakar kitab suci Islam di Amerika.

Dia mengatakan kebebasan berekspresi memang penting tetapi tidak berarti tanpa mengenal batas.

"Saya percaya bahwa kebebasan berpendapat harus ditafsirkan secara luas tetapi pada saat yang sama kita, misalnya, telah menegaskan bahwa kita tidak akan mengizinkan Pendeta Terry masuk ke Jerman," kata Kanselir Jerman dalam jumpa pers di Berlin, Senin (17/9/2012).

"Kita mengatakan kebebasan beragama berarti setiap orang bebas menjalankan agama masing-masing. Tetapi saya ingin menegaskan kekerasan bukanlah cara untuk menyampaikan pemikiran alternatif Anda. Saya mengatakan hal itu terkait serangan-serangan terhadap kedutaan," tambahnya.

Pastor Terry Jones menyatakan dukungan terhadap video amatir yang dibuat di Amerika Serikat yang isinya dianggap menghina Nabi Muhammad.

Partai kanan Pro Jerman yang mengundang Jones mengatakan pihaknya berencana memutar film Innocence of Muslims di Berlin dalam beberapa bulan mendatang, dan akan berusaha mendatangkan orang lain yang terlibat dalam pembuatannya.

Film tersebut menyulut gelombang protes yang diwarnai kekerasan di banyak negara termasuk di Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Sudan, Libia dan Mesir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com