Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Terapkan Diet untuk Gajah Obesitas

Kompas.com - 18/09/2012, 08:18 WIB

DELHI, KOMPAS.com — Pemerintah Negara Bagian Tamil Nadu, India, kini menghadapi tugas "maha-berat". Tugas itu adalah melangsingkan kembali gajah-gajah kuil yang mengalami obesitas.

Di banyak tempat di India, sebagian kuil memelihara gajah untuk kepentingan keagamaan, seperti sebagai bagian dari upacara atau perayaan tertentu.

Namun masalahnya, gajah-gajah kuil ini—karena jarang bergerak dan terus diberi makan—sebagian besar menderita obesitas.

Seperti dikutip BBC, para pengurus kuil kini menyusun program diet untuk gajah-gajah mereka berdasarkan saran dokter hewan.

"Gajah betina Parvathi yang berusia 15 tahun kini memiliki bobot 500 kg, dan kami berusaha untuk menurunkan berat badannya," kata Kepala Pengurus Kuil Madurai Meenakshi Amman.

Gajah lain di Kuil Kallazagar, Madhuravalli, memiliki bobot 700 kg atau jauh lebih berat dari bobot seharusnya bagi seekor gajah berusia 48 tahun.

Menurut para dokter hewan, kondisi dipelihara dan obesitas merupakan dua faktor yang saling terkait.

Di dalam hutan, gajah bisa memakan 200 makanan berbeda termasuk buah-buahan, bunga, akar-akaran dan cabang-cabang pohon. Namun, ketika dipelihara, makanan mereka kurang variatif.

Para pakar juga mengatakan gajah di alam liar tidak pernah bersentuhan dengan makanan manusia, seperti nasi, jawawut, garam, dan gula.

Olahraga

Selain mengatur pola makan para gajah gemuk ini, para dokter hewan juga menyarankan agar hewan-hewan besar ini diberi porsi kegiatan fisik.

Di alam liar, gajah akan terus berkelana, naik turun bukit, melintasi sungai dan berjalan di berbagai medan. Selain itu, mereka juga harus berkompetisi dengan hewan lain dalam urusan mencari makan.

"Saat dipelihara, gajah makan secara rutin. Ditambah kurangnya kegiatan fisik, hewan itu akan menderita obesitas," kata seorang dokter hewan.

Akan tetapi, para pengurus kuil membantah gajah-gajah mereka kurang "olahraga". Mereka mengklaim selalu membawa hewan-hewan besar itu berjalan-jalan setidaknya 5 km setiap hari.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa di alam liar gajah harus menjelajah setidaknya 250 km persegi untuk mendapatkan makanan paling sedikit seberat 250 kg.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com