Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jadi Korban Kericuhan Demo FUI di Depan Kedubes AS

Kompas.com - 17/09/2012, 16:05 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa Forum Umat Islam (FUI) yang terjadi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Senin (17/9/2012) siang, ini berujung ricuh. Aparat kepolisian menjadi korban dalam bentrok tersebut. Hal ini diungkapkan Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, Senin siang, di Mapolda Metro Jaya.

"Benar, ada anggota kepolisian yang jadi korban dilempar batu dari massam," katanya.

Rikwanto belum bisa memastikan berapa banyak anggota polisi yang menjadi korban. Namun, seluruh aparat kepolisian yang menjadi korban sudah mendapatkan perawatan di lokasi kejadian. Rikwanto menduga, aksi unjuk rasa atas protes film "Innocent of Muslims" itu ricuh karena ada yang memprovokasi.

"Ada yang memprovokasi dan melempar batu ke petugas," ujarnya.

Untuk meredam aksi massa, petugas pun melakukan upaya mundur paksa. Saat ini, sekitar 400 orang dari FUI masih berada di lokasi unjuk rasa. Pihak kepolisian masih berusaha menenangkan situasi dengan melakukan negosiasi dengan koordinator lapangan. Beberapa pejabat Polda Metro Jaya seperti Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, dan Kepala Subdit Resmob Polda Metro Jaya Komisaris Besar Herry Heryawan juga langsung meluncur ke lokasi.

"Kami juga sudah melakukan penebalan pasukan dengan menurunkan pasukan huru-hara," kata Rikwanto lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com