Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubai Kota Termahal di Timur Tengah

Kompas.com - 17/09/2012, 12:55 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Dubai merupakan kota termahal di Timur Tengah. Dalam sejumlah kategori kota metropolitan di Teluk Arab itu bahkan menjadi tempat tinggal termahal didunia, demikian satu studi mengenai biaya hidup di luar negeri yang diterbitkan Bank Swiss, UBS, Minggu (16/9).

Untuk urusan sewa rumah misalnya, Dubai sejajar dengan New York dan Zurich sebagai kota dengan harga sewa rumah termahal di dunia. Tarif sewa per bulan di tiga kota itu 100 persen lebih tinggi dari harga rata-rata global, kata UBS.

Lembaga pemberi pinjaman terbesar dari Swiss tersebut menambahkan dalam studi itu bahwa bersama Oslo di Norwegia dan Jenewa di Swiss, Dubai memiliki harga pangan paling tinggi di dunia. Menu dengan tiga jenis makanan di sebuah restoran modern di tiga kota besar tersebut bernilai sekitar 95 dolar AS.

Dubai, yang secara resmi bebas pajak penghasilan, menjadi kota termahal di Timur Tengah karena pertumbuhan birokrasi dan sejumlah "pajak terselubung".

Dalam dua tahun terakhir, ribuan ruang parkir yang dulu bebas biaya diubah menjadi tempat parkir berbayar. Selain itu, bujangan tak diperkenankan berbagi apartemen demi mengurangi biaya sewa. Biaya transportasi dan denda lalu lintas juga ditingkatkan secara tajam oleh pemerintah.

Terkait gabungan biaya kehidupan, secara global Dubai berada di posisi 22, demikian studi UBS, sementara Oslo menempati urutan pertama sebagai tempat tinggal termahal untuk orang asing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com