Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Terima Empat Jenazah di Maryland

Kompas.com - 15/09/2012, 08:57 WIB

MARYLAND, KOMPAS.com — Presiden Barack Obama dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton menyambut kedatangan empat jenazah warga Amerika Serikat yang menjadi korban penyerangan di Konsulat AS dan sebuah rumah perlindungan di Benghazi, Libya.

Salah satu dari empat jenazah yang diserahterimakan di Pangkalan Militer Andrew, Maryland, Sabtu (15/9/2012) WIB ini adalah Duta Besar AS untuk Libya Christopher Stevens.

Stevens dan tiga warga AS lainnya tewas dalam serangan yang bertepatan dengan peringatan 11 tahun penyerangan 11 September, di Gedung World Trade Center, AS. Penyerangan itu terkait dengan beredarnya sebuah film yang dinilai menistakan Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, seorang pejabat penegak hukum AS, Kamis, mengatakan, pria bernama Nakoula Basseley Nakoula berada di balik film anti-Islam yang telah memicu serangan massa terhadap misi AS di Mesir, Libya, dan Yaman.

Seorang pria yang menyebut dirinya Sam Bacile mengatakan, ia membuat film itu. Kantor berita Associated Press (AP) telah mengaitkan Nakoula dengan Bacile. Seorang konsultan untuk film itu, Steve Klein, sebelumnya mengungkapkan bahwa Bacile memang hanya sebuah nama samaran.

Pejabat penegak hukum itu tidak mau disebut namanya karena ia tidak berwenang untuk membahas sebuah investigasi yang sedang berlangsung.

Orang yang menyebut dirinya sebagai sutradara film berjudul Innocence of Muslims itu awalnya mengklaim berlatar belakang Yahudi dan Israel. Orang itu pun mengaku telah mendapat sokongan dana jutaan dollar AS dari sekitar 100 donor Yahudi.

Namun, sejumlah orang yang terlibat dalam film itu mengatakan, pernyataan tersebut bohong belaka karena sesungguhnya tokoh kunci di balik film tersebut adalah seorang Koptik dari California selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com