Selasa, 2 September 2014

News / Internasional

Dubai

Hanya Perlu Satu Menit untuk "Menembus Langit"

Kamis, 13 September 2012 | 19:14 WIB

DUBAI, KOMPAS.com- Banyak orang sudah tahu bahwa Dubai terkenal dengan pembangunan kotanya yang semarak. Bahkan boleh dikata jadi pioner dalam dunia arsitektur.

Bangunan-bangunan baru dengan arsitektur modern dan unik. Bahkan sejumlah bangunan menjadi ikon yang sangat populer. Contohnya Burj Khalifah yang berdiri megah di jantung kota Dubai.

Inilah gedung tertinggi di dunia, sekitar 828 meter, melampaui Menara Abraj Al-Bait Mekah (601 m), Menara Taipei (509 m), Pusat Keuangan Shanghai (494 m).

Lantai yang bisa diakses publik sampai lantai 124. Dari lantai 124 itulah kita bisa melihat pemandangan kota Dubai sepandangan 360 derajat. Kita bisa memandangi seluruh sudut kota, juga kawasan laut di Teluk Persia, dan kawasan gurun.

Yang menakjubkan, untuk sampai ke lantai 124 hanya dibutuhkan beberapa helaan nafas. Dari lantai dasar sampai lantai 124, cuma sekitar satu menit.

"Ini lift tercepat di dunia," kata Tere, pemandu dari Sharaftour, seperti dilaporkan wartawan Kompas Subhan SD, Kamis (13/9/2012). Inilah from the earth to the sky, seperti tertulis di dinding Burj Khalifah.

Bagaimana rasanya naik lift secepat itu? Nyaris tak terasa, kecuali merasa sedikit ada tekanan di telinga. Ya, kira-kira seperti naik pesawat saat take off. Menikmati perjalanan semenit ke ketinggian itu, rasakan saja sendiri.


Penulis: Subhan SD
Editor : Marcus Suprihadi