Jumat, 31 Oktober 2014

News / Internasional

Biseps Terbesar hingga Anjing Tertinggi di Rekor Guinness Terbaru

Kamis, 13 September 2012 | 10:09 WIB

KOMPAS.com — Guinness Book of Records menerbitkan buku ke-57 yang berisi mulai dari pria dengan lingkar biseps terbesar hingga anjing tertinggi di dunia.

Di bagian prestasi manusia terdapat nama Johanna Quaas, seorang pensiunan guru asal Jerman. Perempuan berusia 86 tahun ini tercatat menjadi pesenam tertua di dunia.

Prestasi selanjutnya dicatatkan Moustafa Ismail, pria keturunan Mesir yang kini tinggal di Franklin, Massachussets, AS.

Moustafa memiliki lingkar biseps dan triseps dengan ukuran 64,8 cm atau lebih besar dari ukuran rata-rata lingkar kepala manusia.

Pria berusia 24 tahun asal Alexandria, Mesir, itu berharap statusnya sebagai pemegang rekor Guinness bisa membantu cita-citanya menjadi binaragawan profesional.

Kemudian Sharran Alexander, pesumo putri asal London yang menjadi atlet perempuan dengan bobot badan terberat di dunia, yaitu 203,21 kg.

Sementara di bagian prestasi hewan terdapat Archie, seekor sapi jenis Dexter berusia 29 bulan yang berukuran 76,2 cm. Archie menjadi sapi berukuran terkecil di dunia.

Pemilik Archie, seorang anak petani Ryan Lavery (15), mengatakan, dia membeli Archie saat sapi itu berusia lima bulan.

Dia mengakui nasib anjing itu pasti akan berbeda jika dia berukuran normal.

"Saat kami membeli Archie, dia waktu itu akan dikirim ke pejagalan dan dijadikan daging sapi," kenang Ryan.

"Tetapi, saat Natal tiba, dia tidak bertambah besar. Dan, karena kami kemudian menyayangi dia maka kami putuskan untuk memeliharanya," tambah Ryan.

"Ukurannya yang kecil justru menyelamatkan nyawanya. Dan, kini dia akan menjadi peliharaan kami. Sangat menyenangkan mengetahui Archie masuk rekor Guinness," ujarnya.

Rekor lain dicatatkan Zeus, seekor anjing jenis Great Dane yang berukuran 111,7 cm dari ujung kaki ke bahunya. Zeus kemudian didaulat sebagai anjing tertinggi di dunia.

Buku rekor Guinness telah diterbitkan dalam 22 bahasa di lebih dari 100 negara. Penerbitnya berharap edisi terbaru ini akan terjual 2,7 juta kopi di seluruh dunia.


Penulis: Ervan Hardoko
Editor : Ervan Hardoko
Sumber: