Kamis, 31 Juli 2014

News / Internasional

Pidato Michelle Obama Membuat Heboh di Twitter

Jumat, 7 September 2012 | 09:45 WIB

CHARLOTTE, KOMPAS.com — Ibu negara Amerika Michelle Obama kembali menjadi bintang Konvensi Nasional Partai Demokrat, yang sekarang berlangsung di North Carolina, Amerika Serikat. Ribuan hadirin di stadion Time Warner Arena menyaksikan Michelle Obama berpidato dengan penuh emosi dan inspirasi. Tidak heran banyak orang yang terharu dan ikut merasakan emosi yang terlihat dari raut wajah serta intonasi yang bisa menggambarkan perasaan sesungguhnya dari ibu negara Amerika ini.

Tidak hanya di stadion, reaksi mengejutkan juga tampak di dunia maya melalui media sosial. Michelle Obama sudah membuat gempar Twitter, bahkan sebelum ia mulai berbicara di podium.

Adam Sharp, Humas Bidang Politik untuk Twitter, mengatakan, "Konvensi adalah saat menciptakan momen-momen yang dapat memancing reaksi. Kami memantau menit per menit untuk mengukur percakapan yang terjadi tepat saat itu."

Dan, ketika Michelle Obama berpidato, data dari Twitter menunjukkan lebih dari 28.000 tweet dihasilkan per menitnya. Jumlah ini kira-kira dua kali lipat dibandingkan dengan saingan Barack Obama, Mitt Romney, ketika menyampaikan pidato resmi penerimaannya sebagai capres dari Partai Republik, pekan lalu.

Jumlah keseluruhan tweet dari DNC di Charlotte, North Carolina, pada hari pertamanya saja mencapai tiga juta tweet. Jumlah ini sudah hampir melampaui volume tweet pekan lalu dibandingkan dengan RNC yang menghasilkan empat juta tweet.

Twitter mengubah strategi para politisi dalam menyampaikan pesan mereka. Salah satu kunci kesuksesan pidato Michelle Obama pada malam pertama konvensi adalah banyaknya kalimat-kalimat pendek tidak lebih dari 140 karakter. Ini membuat orang-orang yang menonton baik di stadion, layar televisi, atau komputer dapat langsung menge-tweet isi pidato Michelle Obama.

Adam Sharp menambahkan, "siklus berita 24 jam sudah digantikan oleh 140 karakter".

Pesan tweet dengan tanda #michelleobama dan #firstlady menjadi “top trending” Selasa malam. Banyak akun twitter memuji Michelle Obama yang menyebut dirinya sebagai “Mom in Chief".

Erica Pines yang turut menghadiri Konvensi Partai Demokrat memberikan pendapatnya mengapa Michelle Obama lebih mencerminkan perempuan Amerika kebanyakan.

Erica mengatakan, Michelle Obama memiliki kemampuan untuk bisa mendekatkan diri kepada seluruh rakyat Amerika dan perempuan pada umumnya. Ia sangat mudah disukai dan, karena kepribadiannya, orang-orang sangat percaya dan tertarik untuk mendengarkan pidatonya.

Twitter memperkirakan volume tweet mengenai DNC ini akan terus membengkak hingga Kamis malam ketika Presiden Obama menyampaikan pidato nominasinya sebagai capres Partai Demokrat.


Editor : Egidius Patnistik
Sumber: