Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AL Nigeria Bebaskan Tanker Singapura yang Dibajak

Kompas.com - 06/09/2012, 12:24 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LAGOS, Kompas.com - Sebuah kapal Angkatan Laut Nigeria membebaskan kapal tanker berbendera Singapura yang dibajak dekat kota Lagos, Kamis (6/9/2012), demikian pernyataan AL Nigeria.

Juru bicara AL Nigeria Komodor Kabir Aliyu mengatakan para pembajak kabur begitu melihat kapal dan helikopter angkatan laut mendekat.

"Tak ada kontak senjata. Semua awak kapal dalam keadaan selamat," kata Aliyu.

Sumber-sumber dari aparat keamanan Nigeria menyebut kapal Singapura yang terdaftar di Abu Dhabi itu membawa 22 awak berkewarganegaraan India.

"Kapal tanker itu kemudian akan berlabuh di Lagos di bawah pengawasan angkatan laut sambil menunggu penyelidikan lebih lanjut," tambah Aliyu.

Sementara itu juru bicara AL Nigeria untuk kawasan Lagos, Mayor Jerry Osomara mengatakan belum diketahui apakah minyak muatan kapal itu berhasil dicuri para pembajak.

"Tujuan utama mereka adalah mencuri minyak yang dibawa kapal ini. Tapi kami belum mengetahui apakah niat itu berhasil dilakukan," ujar Osomara.

Pembajakan kapal tanker di perairan Nigeria dan negara kaya minyak Afrika Barat lainnya, Guinea, tengah meningkat belakangan ini.

Perairan kawasan Afrika Barat adalah wilayah dengan risiko pembajakan tertinggi kedua setelah perairan Somalia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com