Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pujian Michelle Obama untuk Sang Suami

Kompas.com - 05/09/2012, 11:50 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

CHARLOTTE, KOMPAS.com — Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, menutup malam pertama Konvensi Partai Demokrat di Charlotte, Carolina Utara, dengan pujian dan dukungan untuk suaminya, Presiden Barack Obama, agar maju kembali untuk masa jabatan kedua.

Dalam pidatonya, Michelle mengatakan bahwa dirinya dan Obama sama-sama memiliki latar belakang dari keluarga kelas pekerja yang harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Barack dan saya sama-sama dibesarkan dalam keluarga yang tak memiliki banyak uang atau barang berharga," kata Michelle.

"Tetapi, mereka memberi kami hal yang lebih berharga, yaitu kasih sayang dan pengorbanan tanpa syarat," kenangnya.

Michelle mengatakan, empat tahun lalu dia sangat meyakini visi suaminya untuk Amerika Serikat. Tetapi, lanjut Michelle, dia khawatir apakah jabatan presiden akan mengubah hidup mereka berdua dan putri-putrinya.

Dalam pidato yang selalu diselingi gemuruh sorak itu, Michelle membagi kisahnya hidup bersama Barack Obama selama 23 tahun dan menemukan "semangat kekeluargaan" dari laki-laki yang memiliki nilai kehidupan yang sama dengannya.

"Sebagai presiden, dia bisa mendapatkan masukan dan nasihat dari mana pun dan dari siapa pun," ujar Michelle.

"Tetapi, saat hari kerja berakhir, dan saat dia harus membuat keputusan sebagai presiden, satu-satunya tuntunan adalah nilai-nilai, visi, dan pengalaman hidup yang membentuknya hingga hari ini," tambah Michelle.

Unggul tipis

Presiden Barack Obama sendiri dijadwalkan menerima pencalonan dirinya sebagai kandidat presiden Partai Demokrat secara resmi pada Kamis (6/9/2012).

Selanjutnya Obama akan menghadapi kandidat Partai Republik, Mitt Romney, pada pemilihan presiden November mendatang.

Dari jajak pendapat terbaru menunjukkan, Obama masih mampu menjaga keunggulan tipisnya atas Romney.

Namun, jajak pendapat yang diterbitkan ABC News/Washington Post saat konvensi tengah berlangsung menunjukkan popularitas pra-konvensi Obama menjadi yang terendah untuk presiden petahana sejak 1980-an.

Presiden Obama sendiri berencana untuk kembali meningkatkan popularitas politiknya dalam beberapa hari mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com