Rabu, 1 Oktober 2014

News / Internasional

Israel Tidak Mampu Serang Iran Sendirian

Rabu, 5 September 2012 | 08:56 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Mantan Ketua CIA Michael Hayden mengatakan Israel tidak akan mampu menyerang lokasi program pengayaan uranium milik Iran sendirian. Kemampuan dan bakat Israel memang tidak bisa diremehkan, tetapi daya serang Israel tidak akan memadai melakukan serangan.

Demikian dikatakan mantan Ketua CIA Michael Hayden ke harian Israel, Haaretz, Selasa (4/9/2012), sebagaimana dikutip situs CBS News, Rabu. Dikatakan, AS memiliki kapasitas yang jauh lebih kuat untuk serangan tersebut. Jika Israel melakukan serangan sendirian, serangan tidak akan bisa dilakukan sekali pukul.

Dia juga mengutip seorang pakar AS yang menekankan bahwa hanya teknologi persenjataan AS yang bisa melakukan serangan secara efektif. Hayden menambahkan juga bahwa belum bisa diketahui persis semua keberadaan lokasi program nuklir Iran. Juga ditambahkan bahwa dari bukti-bukti yang ada, Iran masih belum punya kemampuan untuk meraih senjata nuklir setidaknya hingga tahun 2013-2014.

Karena itu, kata Hayden, belum ada keputusan matang yang bisa dilakukan soal serangan ke Iran. Tambahan pula, informasi dari Badan Tenaga Atom Internasional secara implisit mengatakan bahwa juga belum ada bukti kuat soal kemampuan Iran mengembangkan senjata nuklir, sebuah isu yang selalu membuat Israel gelisah.


Penulis: Simon Saragih
Editor : Rusdi Amral