Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada 200 Penerbangan di Bandara Frankfurt Batal

Kompas.com - 31/08/2012, 20:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pemogokan awak kabin maskapai penerbangan Lufthansa membuat 200 penerbangan di Bandar Udara Frankfurt batal. Laman perusahaan penerbangan terbesar di Jerman itu pada Jumat (31/8/2012) menunjukkan pemogokan berlangsung mulai pukul 5 pagi hingga 1 siang waktu setempat.

Sementara itu, pembatalan penerbangan di bandar udara tersebut adalah untuk jarak pendek. "Lufthansa menyesalkan pemogokan itu," kata pihak maskapai penerbangan.

Sementara itu, pemogokan awak kabin Lufthansa berangkat dari tak adanya kata sepakat antara perusahaan dan para pekerja. Padahal, negosiasi kedua belah pihak sudah berlangsung hingga 13 bulan. Para pekerja meminta kenaikan upah 5 persen bagi sekitar 18.000 awak kabin.

Hingga pertengahan tahun ini, Lufthansa merugi sekitar 168 juta euro. Gara-gara itulah, Lufthansa memangkas pengeluaran hingga 25 persen. Dari jumlah itu, pengeluaran terbesar memang untuk gaji pegawai. Lufthansa berharap dengan kebijakan itu, akan ada pemasukan sekitar 1,5 miliar euro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com