Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Gandakan Kemampuan Nuklir

Kompas.com - 31/08/2012, 09:39 WIB

WINA, KOMPAS.com - Iran telah menambah potensi kapasitasnya untuk menyuling uranium di sebuah lokasi bawah tanah dengan menggandakan mesin sentrifugalnya dari 1.064 jadi 2.140. Laporan terbaru Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengungkapkan hal itu, Kamis (30/8).

Menurut laporan empat bulanan terbaru mengenai program nuklir Iran yang dipersoalkan itu, Teheran melanjutkan pengayaan uraniumnya dan menyembunyikan 2.140 sentrifugal di fasilitas di Fordow, sebanyak 696 di antaranya sudah beroperasi. Laporan itu juga mengatakan, fasilitas nuklir tersebut terkubur jauh di dalam perut gunung agar lebih terlindung dari serangan militer. Menurut laporan itu, Teheran telah menambah uranium tingkat tingginya dari dari 44 kilogram pada Mei, menjadi sebanyak 189 kilogram saat ini.

Badan pengawas nuklir PBB tersebut mendesak Iran untuk segera membuka Pangkalan Militer Parchin bagi pemeriksa PBB guna mengklarifikasi program nuklir itu.

Barat cemas dengan ambisi nuklir Teheran, dan menuduh Iran sedang mengembangkan senjata nuklir dengan kedok tujuan damai. Namun Teheran telah berulangkali membantah tuduhan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com