Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Sasar Promosi Perdagangan dan Liberalisasi Investasi

Kompas.com - 30/08/2012, 17:42 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - China menyasar promosi perdagangan dan liberalisasi investasi sebagai hasil dari pertemuan informal para pemimpin negara-negara Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) yang dihelat di Rusia pada Kamis (6/9/2012) sampai dengan Minggu (9/9/2012). Asisten Menteri Luar Negeri China Ma Zhaoxu mengemukakan hal itu pada Kamis (30/8/2012).

Selain itu, pada pertemuan yang digelar di Vladivostok tersebut, China berharap adanya keputusan soal pengamanan pangan, inovasi, dan manajemen rantai pasokan. "Presiden Hu Jintao akan hadir pada pertemuan ke-20 tersebut atas undangan Presiden Vladimir Putin," kata Zhaoxu.

Menurut rencana, anggota APEC akan mengeluarkan pernyataan usai pertemuan. "Pernyataan itu menyangkut integrasi, inovasi, dan kesejahteraan bersama," imbuhnya.

Pertemuan informal pemimpin APEC memang berangkat pula dari hasil pertemuan sebelumnya di Indonesia. Dalam kesempatan itu, ada kesepakatan bertajuk Bogor Goals terkait investasi dan pembangunan ekonomi, tulis Xinhua.

 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com