Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan, 60 Lahan Gambut Parepare Terbakar

Kompas.com - 23/08/2012, 17:39 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com -- Kebakaran lahan gambut pekan ini kerap terjadi di Parepare. Data dari petugas pemadam kebakaran menyebutkan, pekan ini sekitar 60 titik lahan gambut terbakar.

Misalnya kebakaran lahan gambut di sekitar lokasi Perumanas Lompo'E, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, yang terjadi pada Kamis (23/8/2012) sekitar pukul 01.00 Wita.

Kebakaran Lahan membuat warga sekitar panik. Api nyaris menjalar rumah di perumahan tersebut. Beruntung, pemadam kebakaran (Damkar) cepat datang. Dibantu warga, petugas pemadam kebakaran Parepare segera memadamkan api yang membakar lahan sekitar 1 hektar itu.

Dalle, warga sekitar mengaku awalnya melihat api di bagian tengah lahan gambut tersebut. Kata Dalle, dirinya segera menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Saat lahan tersebut terbakar seperduanya, saya segera memanggil pemadam melalui telepon seluler," ujar Dalle.

Komandan Regu II Damkar Parepare, Frans mengatakan, sudah sepakan ini pihaknya disibukkan untuk memadamkan kebakaran di 60 lahan gambut.

"Setiap harinya sekitar 10 hingga 12 lahan gambut yang terbakar," jelas Frans.

Kata Frans, biasanya, di musim kemarau seperti ini, lahan gambut sengaja dibakar untuk membuat lahan perkebunan untuk menanam jagung dan tanaman sejenisnya.

"Kami berharap kepada warga yang mempunyai lahan gambut, kiranya jangan membakar lahan," imbau Frans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com