Kamis, 23 Oktober 2014

News / Regional

Sepekan, 60 Lahan Gambut Parepare Terbakar

Kamis, 23 Agustus 2012 | 17:39 WIB

PAREPARE, KOMPAS.com -- Kebakaran lahan gambut pekan ini kerap terjadi di Parepare. Data dari petugas pemadam kebakaran menyebutkan, pekan ini sekitar 60 titik lahan gambut terbakar.

Misalnya kebakaran lahan gambut di sekitar lokasi Perumanas Lompo'E, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, yang terjadi pada Kamis (23/8/2012) sekitar pukul 01.00 Wita.

Kebakaran Lahan membuat warga sekitar panik. Api nyaris menjalar rumah di perumahan tersebut. Beruntung, pemadam kebakaran (Damkar) cepat datang. Dibantu warga, petugas pemadam kebakaran Parepare segera memadamkan api yang membakar lahan sekitar 1 hektar itu.

Dalle, warga sekitar mengaku awalnya melihat api di bagian tengah lahan gambut tersebut. Kata Dalle, dirinya segera menghubungi petugas pemadam kebakaran.

"Saat lahan tersebut terbakar seperduanya, saya segera memanggil pemadam melalui telepon seluler," ujar Dalle.

Komandan Regu II Damkar Parepare, Frans mengatakan, sudah sepakan ini pihaknya disibukkan untuk memadamkan kebakaran di 60 lahan gambut.

"Setiap harinya sekitar 10 hingga 12 lahan gambut yang terbakar," jelas Frans.

Kata Frans, biasanya, di musim kemarau seperti ini, lahan gambut sengaja dibakar untuk membuat lahan perkebunan untuk menanam jagung dan tanaman sejenisnya.

"Kami berharap kepada warga yang mempunyai lahan gambut, kiranya jangan membakar lahan," imbau Frans.


Penulis: Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin
Editor : Farid Assifa