Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renang dari Kuba ke Florida Sejauh 166 Km

Kompas.com - 21/08/2012, 07:21 WIB

Seorang perempuan Amerika Serikat berusia 62 tahun berupaya untuk keempat kalinya menjadi orang pertama yang berenang dari Kuba ke Amerika tanpa besi pengaman serangan ikan hiu.

Diana Nyad pernah beberapa kali diserang ubur-ubur dan terperangkap badai, tetapi masih tetap melanjutkan renang sejauh 166 km, kata para anggota tim.

Ia meninggalkan ibu kota Kuba, Havana, Sabtu (19/8/2012), dan merencanakan untuk sampai di Florida, Selasa (21/8/2012), sehari setelah ia ulang tahun ke-63. Ia hanya menggunakan alat elektronik sebagai penangkal serangan ikan hiu.

Upaya pertama Nyad untuk berenang ke Florida dilakukan tahun 1978. Upaya kedua gagal karena sakit bahu dan serangan asma.

Serangan ubur-ubur

Perenang jarak jauh ini terpaksa menghentikan upaya ketiga bulan September lalu setelah diserang ubur-ubur beracun. Ia harus memajukan upaya keempatnya ini selama 16 jam karena perkiraan cuaca buruk.

Para pendukung Nyad menyatakan dalam 35 jam pertama, ia telah mencapai sepertiga dari jarak ke Florida.

Anggota tim renang Nyad mengatakan, kondisi laut pada Senin (20/8/2012) cukup bagus. Tim juga menggambarkan, hari pertama renang dilakukan tanpa kesulitan, tetapi pada malam kedua Nyad digigit ubur-ubur di kening, tangan, dan lehernya.

Nyad menggunakan baju khusus yang menutupi kepala sampai kaki pada malam hari untuk meminimalkan serangan ubur-ubur itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com