Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Sindoro Terbakar

Kompas.com - 20/08/2012, 20:10 WIB
Regina Rukmorini

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com- Kawasan puncak Gunung Sindoro kembali terbakar, Senin (20/8/2012). Api diketahui mulai berkobar Senin petang sekitar pukul 18.00 WIB, dan hingga Senin malam pukul 19.00, api belum padam.

Administratur Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara Iwan Setiawan mengatakan, api tersebar di tiga titik di petak 10 di Resor Pemangku Hutan (RPH) Kwadungan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Temanggung. Jenis vegetasi yang terbakar adalah alang-alang dan semak belukar.

Iwan mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak bisa mendekati lokasi kebakaran karena situasi gelap di malam hari, dan angin yang bertiup kencang di puncak. "Kami tidak mungkin menyuruh petugas untuk mendekati lokasi kebakaran karena angin bisa tiba-tiba saja berbalik arah dan membuat petugas yang bersangkutan beresiko terkurung kobaran api," ujarnya.

Situasi yang gelap juga membuat setiap petugas kesulitan untuk mendaki, mencari jalan mendekati lokasi kebakaran. Dengan kondisi tersebut, empat petugas yang ada di pos di kawasan Gunung Sindoro hanya mengawasi dan berjaga-jaga memantau kobaran api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com