Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan "Petinggi GAM" Pimpin Upacara HUT RI di Banda Aceh

Kompas.com - 17/08/2012, 15:13 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Mantan Menteri Luar Negeri Gerakan Aceh Merdeka, Zaini Abdullah yang kini menjadi Gubernur Aceh, memimpin upacara peringatan detik-detik proklamasi di Banda Aceh, Jumat (17/8/2012).

Hadir dengan seragam kenegaraan, Zaini Abdullah memasuki lapangan upacara bersama mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka yang kini menjadi wakil gubernur Aceh, Muzakkir Manaf.

Upacara yang dipusatkan di Lapangan Blang Padang Banda Aceh ini berlangsung khidmat dan lancar. Warga Banda Aceh yang berdomisili di sekitar Lapangan Blang Padang pun terlihat antusias menyaksikan berlangsungnya upacara.

Bagi Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf, upacara bendera yang dikomandani oleh komandan upacara Danyon Kavaleri Kodam Iskandar Muda Letkol Kav AA Ngurah Sugiharto ini, merupakan upacara pertama yang diikuti pascaterpilihnya pasangan yang diusung Partai Aceh pada pemilihan kepala daerah April 2012 lalu.

"Ini memang kali pertama kami menjadi pemimpin upacara kemerdekaan. Setelah mendapat mandat dari rakyat untuk menjadi pimpinan, kami akan menjadi pimpinan yang pro rakyat, dan insya allah akan terus menciptakan tatakelola pemerintahan yang bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta tidak berdasarkan kepentingan kelompok," ujar Zaini usai memimpin upacara, Jumat (17/8/2012).

Zaini Abdullah juga menyataakan kebangaannya atas pernyataan pemerintah pusat yang menyatakan Aceh kini menjadi model daerah yang demokratis di Indonesia.

Usai menjadi pemimpin upacara HUT RI, Zaini juga melakukan temu ramah dengan para purnawirawan pejuang kemerdekaan RI. Sebelumnya ia juga melakukan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Kampung Ateuk, Banda Aceh. Upacara peringatan detik-detik proklamasi di berbagai daerah di Aceh, dilaporkan juga berjalan khidmad dan lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com