Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Abdullah Serukan Dialog Antaragama

Kompas.com - 15/08/2012, 15:13 WIB

MEKKAH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdulaziz menyerukan didirikannya pusat bagi dialog di kalangan agama dengan anggota kepala negara Islam.

Raja Abdullah berbicara dalam acara peresmian Pertemuan Tingkat Tinggi Darurat ke-4 Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), di Mekkah, Selasa (14/8/2012). Ia menambahkan usul tersebut direncanakan diajukan oleh Sekretariat OKI.

Raja Abdullah menyatakan mengingat sangat banyak fitnah di dalam masyarakat Muslim "yang ditujukan kepada agama kita, kita harus sadar dan merasa bertanggung jawab". Ia menyerukan solidaritas dan toleransi di kalangan negara Islam, demikian laporan kantor berita Iran, IRNA.

Pembicaraan selanjutnya dalam acara pembukaan tersebut adalah Presiden Senegal Macky Sall, sebagai ketua bergilir OKI.

Saat berbicara secara terperinci mengenai masalah yang dihadapi negara Islam, Macky Sall menyerukan penyelesaian masalah seperti krisis di Suriah, masalah Palestina, Myanmar dan Mali utara.

Sekretaris Jenderal OKI Ekmeleddin Ihsanoglu, sebagai pembicara berikutnya, mendesak para kepala negara agar berbuat sekuat mungkin untuk menyelesaikan masalah di dunia Islam.

Setelah pertemuan pembukaan, pertemuan tingkat tinggi dimulai secara tertutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com