Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarian Prajurit TNI Pukau Warga Lebanon

Kompas.com - 14/08/2012, 15:54 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi Prajurit TNI dari Satgas Batalyon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL (United Nation Interim Force In Lebanon) memukau warga Lebanon.

Para prajurit mementaskan tarian asli Indonesia dalam festival budaya dan makanan tradisional Ebel Es Saqi di Marjayoun, Lebanon Selatan. Dalam siaran pers, Selasa (14/8/2012), Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi, mengungkapkan, prajuritnya mementaskan kolaborasi kesenian antara tari Sisingaan dari Jawa Barat dan Jaran Monel dari Malang, Jawa Timur.

"Selain kesenian budaya, kita juga menggelar stan Indobatt yang menyajikan makanan tradisional gratis kepada para pengunjung serta pemutaran film kebudayaan Indonesia," ujarnya.

Suwandi melanjutkan, tim kesenian yang tampil kali ini merupakan gabungan dari personel Kompi jajaran Indobatt di bawah kordinator Perwira Seksi CIMIC (Civilian Military Coordination) Kapten Inf A Zulhakim Asdar.

Stan Indobatt juga menyajikan makanan tradisional, bala-bala, dan lainnya yang ramai dikunjungi pengunjung. Tak hanya penduduk sipil, stan Indonesia juga dikunjungi prajurit UNIFIL dari kontingen negara lain, seperti Spanyol, Nepal, India, dan Malaysia. Rata-rata mereka ingin merasakan nikmatnya bala-bala khas Indonesia.

Festival tahunan yang diselenggarakan Dewan Kota Ebel Es Saqi yang bekerja sama dengan UNIFIL Sektor Timur ini dilaksanakan selama tiga hari. Tak hanya kesenian budaya dan makanan tradisonal, kegiatan bazar rakyat pun digelar dan pada hari terakhir akan ditutup dengan lomba lari maraton di sekitar kota.

"Selain kontingen Indonesia, kontingen dari negara lain, seperti Spanyol, India, Nepal, dan Malaysia juga menampilkan kesenian budaya serta makanan tradisional khas negara masing-masing," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com