Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Asisten Paus Benediktus Akan Diadili

Kompas.com - 14/08/2012, 05:46 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Mantan pengurus rumah tangga Paus Benediktus XVI akan diadili dengan dakwaan mencuri dokumen rahasia dan membocorkan ke media, kata pengadilan.

Paolo Gabriele ditahan bulan Mei lalu setelah polisi menemukan dokumen rahasia di kamarnya di Vatikan. Ia dikenakan dakwaan pencurian, termasuk cek senilai 100.000 euro.

Vatikan mengatakan akan terus menyelidiki kasus bocornya dokumen ke media ini. Gabriele mengakui bahwa ia adalah sumber surat yang bocor yang diterbitkan di buku seorang wartawan investigatif Italia bulan Mei lalu.

Buku berjudul His Holiness (Takhta Suci) itu mengungkap surat-menyurat pribadi antara Paus dan sekretaris pribadinya yang membicarakan korupsi dan pelanggaran administrasi di Vatikan.

Vatikan menyebut buku itu "kriminal" dan berjanji untuk mengambil langkah hukum terhadap penulis, penerbit, dan siapa pun yang membocorkan dokumen.

"Setan di mana pun"

Gabriele mengatakan kepada para penyidik, ia bertindak seperti itu karena ia melihat "adanya setan dan korupsi di setiap sudut gereja", sementara Paus "tidak mendapatkan informasi yang layak". Sebagai pengurus rumah tangga dan asisten pribadi Paus, Gabriele adalah salah seorang yang memiliki akses ke kediaman Paus.

Ia menghadapi hukuman enam tahun penjara bila dinyatakan bersalah.

Gabriele (46) dikenakan tahanan rumah di kediaman keluarganya di kota Vatikan, tempat polisi menemukan surat-surat pribadi yang diambil dari kantor sekretariat Paus. Vatikan tidak memiliki penjara dan Gabriele diperkirakan akan mendekam di lembaga pemasyarakatan Italia berdasarkan perjanjian kedua negara, menurut media setempat.

Pihak Takhta Suci menuduh Claudio Sciarpelletti, seorang analis komputer dan karyawan Vatikan, membantu Gabriele dalam melakukan kejahatan itu. Ia didakwa membantu kejahatan. Pengadilan Gabriele diperkirakan akan dimulai paling cepat Oktober, kata petugas pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com