Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Berikan Bantuan untuk Muslim Myanmar

Kompas.com - 14/08/2012, 05:11 WIB

YANGON, KOMPAS.com Pemerintah Myanmar mengatakan, bantuan dari Arab Saudi untuk kelompok minoritas Muslim di Myanmar akan disumbangkan untuk pengungsi di negara bagian Rakhine.

Media Saudi mengatakan, bantuan Raja Abdullah sebesar 50 juta dollar AS dikirim untuk kelompok Muslim Rohingya yang mengungsi karena kekerasan sektarian.

Kekerasan antara kelompok Muslim dan Buddha Rakhine menewaskan puluhan orang pada Juni lalu. Sejak itu, para aktivis menuduh Pemerintah Myanmar menindas kelompok Rohingya, yang tidak diakui sebagai warga Myanmar.

Laporan di media resmi Saudi menyebutkan, kelompok Rohingya "mengalami pelanggaran hak asasi termasuk pembersihan etnik, pembunuhan, perkosaan, dan pengusiran." "Raja Abdullah... telah memerintahkan bantuan sebesar 50 juta dollar untuk warga Muslim Rohingya di Myanmar," menurut laporan media Saudi, Minggu (12/8/2012).

Mengecam kekerasan

Namun, tidak disebutkan siapa yang dianggap bertanggung jawab atas pelanggaran hak asasi itu. Tetapi, organisasi HAM, Human Rights Watch, mengatakan pada awal Agustus lalu, warga Rohingya menghadapi penangkapan massal, pembunuhan, dan pemerkosaan oleh pasukan keamanan Myanmar.

Saat ini terdapat sekitar 800.000 warga Rohingya di Myanmar. Pemerintah Myanmar sendiri mengatakan, mereka berupaya menekan kekerasan itu.

Pekan lalu, kabinet Saudi mengecam kekerasan di Rakhine, sementara Organisasi Konferensi Islam (OKI) dalam pertemuan di Jeddah akhir bulan lalu mendesak para anggota untuk mengirim bantuan kepada para pengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com