Jumat, 19 Desember 2014

News / Internasional

Korban Gempa Iran, Lebih dari 250 Orang Tewas

Minggu, 12 Agustus 2012 | 13:24 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Korban tewas dalam bencana gempa bumi di Iran tercatat sudah mencapai 250 orang dan diperkirakan akan terus meningkat. Hal itu seiring masih banyaknya korban yang belum berhasil dievakuasi dari balik reruntuhan bangunan.

Menurut pemberitaan televisi Pemerintah Iran, Press TV, Minggu (12/8/2012), gempa yang menghantam dekat kota Tabriz dan Ahar, juga mengakibatkan 2.000 orang lainnya terluka.

Di Kota Ahar, Pemerintah setempat mencatat, jumlah korban tewas mencapai 45 orang, sementara korban luka berada di angka 500 orang. Gempa juga mengakibatkan putusnya jaringan telepon di kota itu.

Sementara 64 desa yang berada di kota Tabriz, dan sejumlah kota yang berada di dekatnya, menurut data yang dilansir oleh CNN, menderita kerusakan berat. Laporan awal mengatakan beberapa bangunan di Tabriz mengalami kerusakan struktural, dan memutuskan aliran listrik.

Korban tewas, juga didapati di Kota Varzaqan yaitu 40 orang, sementara di Kota Haris, berjumlah 50 orang.

Banyak mereka yang selamat dari bencana gempa, saat ini sangat membutuhkan air minum, air bersih, roti, dan tempat tinggal sementara.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua buah gempa berkekuatan 6,4 dan 6,3 Skala Richter, mengguncang Iran, di hari Sabtu (11/8/2012), kemarin. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 16.53 waktu setempat. Otoritas Iran mencatat, setidaknya 17 gempa susulan terjadi sejak gempa pertama menggoyang Iran. (Samuel Febriyanto)


Editor : Tri Wahono
Sumber: