Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Guncang Iran, Sedikitnya 50 Orang Tewas

Kompas.com - 12/08/2012, 03:21 WIB

TEHERAN, SABTU - Gempat kuat mengguncang kawasan Iran barat laut, Sabtu (11/8) sore waktu setempat. Pihak berwajib menyatakan sedikitnya 50 orang tewas dan 400 orang terluka dalam bencana alam tersebut.

”Menurut laporan terbaru, 40-50 orang tewas dalam gempa bumi hari ini. Sekitar 400 orang terluka dan dibawa ke Tabriz dan Ardebil,” ungkap Gholamreza Masoumi, kepala dinas layanan darurat Iran, kepada kantor berita ISNA.

Menurut Pusat Seismologi Universitas Teheran, dua gempa utama bermagnitudo 6,2 dan 6,0 terjadi berturut-turut dalam selang waktu beberapa menit di kawasan Tabriz.

Sementara itu Badan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa tersebut bermagnitudo 6,4 dan 6,3. Gempa terjadi pukul 12.34 GMT dengan pusat gempa berada pada titik berjarak 60 kilometer arah timur laut kota Tabriz, pada kedalaman 9,9 kilometer. Tiga gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil terjadi setelah dua gempa utama tersebut.

”Gempa terasa sangat kuat, sampai orang-orang berlarian ke jalan karena ketakutan,” demikian dilaporkan kantor berita Fars dari kota Varzgan. Sedikitnya 50 orang di kota tersebut dilarikan ke rumah sakit karena luka-luka.

Gempa juga dilaporkan telah memutus saluran telepon dan membuat koordinasi operasi penyelamatan sulit dilakukan. Iran terletak di daerah patahan yang rawan gempa bumi. (AFP/Reuters/AP/DHF)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com