Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelombang Panas Tewaskan 14 Orang di Korsel

Kompas.com - 09/08/2012, 16:34 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Setidaknya 14 orang tewas di Korea Selatan dalam dua bulan terakhir akibat gelombang panas yang juga menewaskan lebih dari satu juta hewan ternak, kata pemerintah, Kamis (9/8/2012).

Sejak Juni, 14 orang telah meninggal karena penyakit terkait panas, seperti serangan stroke dan dehidrasi, dengan 11 kasus tersebut dilaporkan hanya dalam dua pekan sejak 25 Juli saat peringatan panas nasional pertama kali dikeluarkan, kata Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan.

Jumlah orang yang mencari pengobatan untuk penyakit terkait panas hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya menjadi sekitar 800 orang, kata kementerian itu. Dari total korban, sembilan lebih dari usia 60 tahun.

Sejak akhir Juli, negara telah mengalami gelombang panas yang panjang dengan suhu siang mencapai 35 derajat Celcius. Suhu turun di bawah 35 derajat Celcius untuk pertama kali, Rabu (8/8/2012), sejak akhir bulan lalu.

Gelombang panas menyebabkan kerusakan besar pada pertanian, dengan lebih dari satu juta hewan mati sebagai akibatnya, kata Kementerian Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Perikanan.

Sebanyak 1.015.340 hewan di 465 peternakan di seluruh negeri mati antara 20 Juli dan Rabu, kata kementerian itu. Korban termasuk 967.156 ayam dan itik 41.660.

Kematian seperti ini sering disebabkan oleh kegagalan sistem ventilasi dan pendinginan karena listrik padam, terutama selama musim panas. Hampir seluruh populasi kerang di 31 hektar lahan pantai di barat daya Buan, Provinsi Jeolla Utara, juga telah tewas, akibat sengatan panas terik matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com