Kamis, 27 November 2014

News / Regional

Seekor Anjing Selamatkan Bayi dari Kawanan Semut

Kamis, 9 Agustus 2012 | 13:44 WIB

PINRANG, KOMPAS.com — Sesosok bayi perempuan yang diperkirakan baru berumur sepekan ditemukan oleh seekor anjing tergeletak di pinggir jalan di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Saat ditemukan, bayi itu dibalut selembar kain sarung dan selimut, serta sedang dikerumuni kawanan semut.

Tak jelas siapa orangtua dari bayi tak berdosa ini. Yang pasti, penemuan bayi ini sempat menghebohkan warga di sekitar lokasi. Bayi mungil itu kini dirawat intensif di ruang inkubator Rumah Sakit Umum Lasinrang, Pinrang, Kamis (9/8/2012) pagi tadi.

Hasil pemeriksaan dokter rumah sakit memastikan bahwa bayi perempuan cantik ini lahir tanpa cacat dan kondisinya dinyatakan sehat. Bobot badan sang bayi 2,5 kilogram dan panjang badannya mencapai 46 sentimeter.

Sang pemilik anjing, Hamiya, menceritakan, sekitar pukul 06.00 Wita dia pergi ke sawah bersama seekor anjing piaraannya. Di tengah jalan, Hamiya curiga lantaran anjing piarannya yang diberi nama Boby tiba-tiba menghampiri dan menjilat-jilat bungkusan kain di pinggir jalan bawah pohon jati. Setelah dilihat, ternyata yang terbungkus kain itu adalah seorang bayi.

Meski ditemukan dalam kondisi dikerumuni kawanan semut, sang bayi tidak menangis atau memberontak. Bayi ini diperkirakan baru saja dibuang orangtuanya sebelum ditemukan warga. Hamiyah yang menemukan bayi ini sempat ketakutan dan enggan menghampiri dan memeriksa lebih detail bayi malang ini. Karena tak berani sendirian, Hamiyah memanggil warga dan meminta tolong agar bayi ini dibawa ke rumah sakit.

"Saya sempat ketakutan dan gemetaran, Pak. Makanya saya panggil orang lain menolong sang bocah untuk dibawa ke rumah sakit," ujar Hamiyah.

Secara terpisah, Kasat Reskrim Polres Pinrang Ajun Komisaris Ilyas Ardy menyatakan, pihaknya sedang mengusut jejak orangtua bayi tanpa dosa ini. Sejumlah saksi kini sedang diperiksa petugas untuk melacak jejak orangtua yang tega membuang bayinya sendiri.

"Kita sedang serius mengusut kasus penemuan bayi ini. Sejumlah saksi telah dimintai keterangan untuk mengungkap skandal pembuangan bayi ini. Mudah-mudahan bisa dilacak jejak orangtuanya," ujar Ilyas.

Sejak kabar penemuan bayi cantik ini tersiar, sejumlah warga yang penasaran sengaja mendatangi Ruang Mawar 1 Rumah Sakit Umum Lasinrang untuk bisa menyaksikan langsung bayi yang menghebohkan ini.


Penulis: Kontributor Polewali, Junaedi
Editor : Farid Assifa