Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Menteri Suriah Juga Membelot

Kompas.com - 06/08/2012, 18:31 WIB
Kistyarini

Penulis

BEIRUT, KOMPAS.com - Seorang juru bicara pemberontak Suriah mengatakan bahwa sejumlah anggota kabinet Suriah telah membelot, termasuk perdana menteri.

Abdul Kassim, seorang pejabat senior di Tentara Pembebasan Suriah (FSA), mengatakan, Senin (6/8/2012), Perdana Menteri Riad Hijab telah membelot dan lari ke Jordania bersama tiga menteri lainnya. Namun Abdul Kassim tidak mengungkap identitas tiga menteri lainnya.

Hijab sendiri sudah mengumumkan pembelotannya dalam sebuah pernyataan tertulis yang dibacakan oleh juru bicaranya, Mohammed al-Otri, di televisi Al Jazeera, Senin.

"Hari ini saya mengumumkan pembelotan saya dari rezim teroris dan pembunuh dan mengumumkan bahwa saya telah bergabung dengan jajaran revolusi pembebasan dan martabat. Saya mengumumkan bahwa mulai hari ini, saya adalah tentara dari revolusi penuh berkah ini," demikian pernyataan Hijab.

Dalam pernyataannya, Hijab mengatakan dia membelot setelah "Suriah melalui kejahatan perang paling sulit, genosida, pembunuhan secara barbar, dan pembantaian warga sipil yang tidak bersenjata."

Menurut Otri, Hijab kini berada di "tempat aman" bersama keluarga. Hijab merupakan pejabat tertinggi Suriah yang meninggalkan rezim Presiden Bashar al-Assad.

Sebelumnya, televisi negara Suriah mengumumkan pemberhentian Riad Hijab sebagai perdana menteri, tapi tidak mengungkap alasan pemecatan itu. Wakil PM Omar Ghalawanji ditunjuk menggantikannya untuk sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com