Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Bashar Al Assad Kini Berada?

Kompas.com - 03/08/2012, 11:04 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com Presiden Suriah Bashar Al Assad tidak terlihat di depan publik, sejak bom menewaskan saudara iparnya yang berpengaruh, dan tiga kepala keamanan senior lainnya di Damaskus pada 18 Juli lalu.

Hari Rabu (1/8/2012), kantor berita resmi SANA mengutip pesan Presiden itu untuk para "pahlawan" angkatan bersenjata Suriah. Namun, pesan tersebut tidak disiarkan di televisi pemerintah.

Assad mengatakan "perang rakyat Suriah melawan musuh terjadi dalam berbagai bentuk'' dan ''menentukan nasib rakyat dan bangsa kita".

Seruan untuk berperang itu, yang menandai ulang tahun ke-67 terbentuknya tentara Suriah, digambarkan oleh para pengamat sebagai penampilan publik pertama Assad sejak pengeboman tersebut. Hal itu juga mendorong spekulasi tentang keberadaannya.

Assad tidak menghadiri pemakaman saudara iparnya yang jadi korban bom, Assef Shawkat, yang menikah dengan adik perempuannya, Bushra. Namun, ia tampil di TV saat mengambil sumpah untuk pengganti menteri pertahanan.

Assad yang takut terhadap keamanan dirinya, saat para pemberontak bersenjata telah mampu menyerang jantung ibu kota, tampaknya memilih untuk tetap berada di istananya dan jauh dari pandangan publik.

Rumor bahwa Assad telah melarikan diri ke kota pesisir Latakia dan bahwa istrinya yang kelahiran Inggris, Asma, telah mencari perlindungan di Rusia, belum dibuktikan. Namun, ada tekanan bagi Assad untuk memperlihatkan kepemimpinan dengan tampil di depan umum sebelum terlalu lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com