Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivis Kehutanan Indonesia Raih Ramon Magsaysay Award 2012

Kompas.com - 26/07/2012, 13:51 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Seorang pencinta alam dan aktivis kehutanan asal Indonesia, Ambrosius Ruwindrijarto, menjadi salah satu pemenang penghargaan Ramon Magsaysay Awards 2012 yang diumumkan di Manila, Filipina, Kamis (26/7/2012).

Ruwi, demikian panggilan aktivis tersebut, dinyatakan telah berjasa besar dalam mengungkap pembalakan kayu ilegal di Indonesia dan turut menyelamatkan hutan di Indonesia.

Pada 1999, Ruwi melalui Yayasan Telapak yang turut ia dirikan dan bekerja sama dengan Badan Investigasi Lingkungan Hidup (EIA) yang bermarkas di Inggris mulai melacak dan membongkar jaringan pembalakan kayu ilegal di Indonesia. Dalam prosesnya, Ruwi pernah diserang secara fisik dan diancam dibunuh oleh pihak-pihak yang terlibat pembalakan kayu di hutan-hutan Kalimantan.

Selain Ruwi, peraih Ramon Magsaysay Awards tahun ini adalah Chen Shu-Chu dari Taiwan, Romulo Davide dari Filipina, Kulandei Francis dari India, Syeda Rizwana Hasan dari Banglades, dan Yang Saing Koma dari Kamboja. Ramon Magsaysay Award dianggap sebagai ekuivalen Hadiah Nobel untuk lingkup Asia.

Pemberian hadiah tahun ini akan diselenggarakan di Philippine International Convention Center (PICC) di Manila, 31 Agustus 2012. Sebelumnya, menurut laman resmi Yayasan Ramon Magsaysay Award, sudah ada 21 tokoh Indonesia yang menerima penghargaan ini, antara lain Pramoedya Ananta Toer, Abdurrahman Wahid, Ali Sadikin, Ahmad Syafii Maarif, Mochtar Lubis, Atmakusumah Astraatmadja, dan Teten Masduki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com