Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Lindungi Pasangan "Kawin Lari" Afganistan

Kompas.com - 24/07/2012, 13:38 WIB

Pengadilan di Pakistan hari Senin (23/7/2012) memerintahkan polisi melindungi pasangan muda Afganistan yang melarikan diri karena khawatir akan dibunuh.

Hewad dan Mariyam Marjman, keduanya berusia 22 tahun, meninggalkan keluarga mereka di Kabul bulan lalu dan menikah di kota Abbottabad, Pakistan.

Marjman kepada kantor berita AFP mengatakan orang tuanya ingin ia menikah dengan suami kakak perempuanya. Pernikahan ini diatur setelah kakak Marjman meninggal dunia belum lama ini.

Marjman mengatakan bila ia dideportasi ke Afghanistan, ia mungkin akan dibunuh karena menikah dengan pria yang bukan menjadi pilihan keluarga.

Hewad menambahkan, "Saya menerima ancaman dari keluarga Mariyam. Ancaman datang dari orang tuanya dan kakak-kakaknya."

"Kalau kami dikembalikan ke Afghanistan, pasti mereka akan menembak kami," kata Hewad.

Kasus Hewad dan Marjman dibawa ke pengadilan tinggi di Peshawar setelah kisah pelarian mereka diberitakan media setempat.

Hakim Dost Muhammad Khan mengatakan pihak berwenang Pakistan harus menyediakan akomodasi dan pengamanan karena jiwa mereka terancam.

Pengadilan akan kembali menggelar kasus ini pekan depan untuk mengetahui apakah keputusan pengadilan dilaksanakan di lapangan.

Hewad dan Marjman melarikan diri berkat bantuan seorang teman dari Pakistan.

Berbagai pihak mengatakan, langkah Pakistan melindungi pasangan Afganistanyang melarikan diri ini sangat jarang dilakukan.

Para pegiat khawatir penarikan pasukan NATO pada 2014 akan makin memperburuk pemenuhan hak-hak perempuan di Afghanistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com